Kamis, 28 Juli 2011

Sudah sampai mana persiapan kita ?

Sahabatku. Kini kita hanya tinggal menunggu hitungan hari lagi. Dan kita akan memasuki bulan yang penuh dengan banyak bonus pahala. Bulan dimana seluruh do'a akan dikabulkan, pahala dilipatgandakan berkali-kali lipat.

Sahabatku. Dibulan ini syetan dibelenggu oleh puasa kita. Bulan dimana syahwat harus dilemahkan. Semua itu kita lakukan karena kita yakin bahwa ALLAH akan membalasnya dengan apa yang IA janjikan.

Namun harus ada beberapa persiapan yang kita siapkan didalamnya. Agar kita memperoleh apa yang ALLAH janjikan itu. Dan ini semua belum terlambat, karena tak ada kata terlambat dalam mempersiapkan yang ada adalah kata tak mau bergerak untuk mempersiapkan.

Persiapannya diantaranya adalah:

1. Ilmu
Dan ini adalah konsep awal yang harus dipersiapkan dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan. Karena tanpa ILMU tentu kita tak akan tahu apa-apa saja yang terkandung didalam bulan Ramadhan. Sudah bukan barang langka setiap menjelang Ramadhan ada banyak majelis-majelis yang mengadakan Tarhib Ramadhan. Dan biasanya dalam Tarhib ini akan dibahas permasalahan yang bersinggungan seputar Ramadhan. Namun sayang tak banyak diantara kita yang memanfaatkan acara ini, sehingga mereka menjalani Ramadhan tanpa ILMU.

2. Keimanan
Selanjutnya ini adalah konsep kedua dalam menjalani Ramadhan agar penuh makna. Tentu sudah banyak yang tahu dan biasanya ayat ini senantiasa diulang setiap menjelang Ramadhan atau ketika kultum pertama dishalat tarawih.

"Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atasmu untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (Al Baqarah : 183)

Dan inilah yang menjadi landasan KEIMANAN bagi kita untuk berpuasa Ramadhan.
------------------------------------------------------------------------------------
Dan inilah 2 Persiapan yang harus benar-benar dipersiapkan, sedangkan persiapan yang selanjutnya adalah:

3. Fisik
Sudah sangat biasa, bahwa diantara kita sering kali tidak memperhatikan persiapan yang satu ini. Padahal jika kita tahu  persiapan FISIK adalah yang sangat penting dalam menjalani puasa Ramadhan, karena apa bila fisik kita prima maka Ramadhan yang kita jalani akan lebih memiliki makna tersendiri. Oleh sebab itu janganlah kita meremehkan persiapan fisik.

Sahabatku, inilah tulisan singkatku yang membahas mengenai persiapan Ramadhan yang sering kali terabaikan oleh kita. Tak ada maksud untuk mengurui, namun ini semua tersaji untuk saling mengingatkan sesama muslim.

1 komentar:

  1. Smg kualitas ibadah Qt pd Ramadhan kali ini lbh baik dr ramadhan sblmx ...

    BalasHapus